July 29, 2015

Macaroni Cheese



“Ipiiit…besok maunya di rumah lo atau ke rumah gue ? Kalo ke rumah gue, main masak-masakan haha”

Sebaris pesan itu datang tepat seminggu yang lalu, dari @fiirafanii, teman SMA dan teman #IRFan bareng. Beberapa bulan sebelumnya, dia memang lagi hobi masak. Terbukti dari hobi ngupload foto-foto makanannya di akun instagramnya.

Sounds unique sih “main masak-masakan.” Pada zamannya (zaman saya maksudnya) main masak-masakan adalah memetik daun di pinggir jalan kemudian menumbuknya, dicampur air dan bunga-bunga lain. Tapi ‘main masak-masakan’ yang satu ini sudah tidak mungkin yang demikian karena bukan lagi zamannya.

Akhirnya saya dan @nectarps (teman SMA juga) ke rumah Safirah di suatu Jumat yang terik. Berbekal buku resep gratisan yang saya dapat dari #IIBF2014, kami memilih menu apa yang bisa kita gunakan untuk bermain ‘masak-masakan’. Pilihan jatuh pada Surabi Saus Cempedak. Alasannya karena tingkat kesulitan yang mudah.

Nah sebelum in action, kita belanja dulu. Eits, tapi belanjanya bukan metik-metik daun di pinggir jalan sambil bawa keranjang. Belanja kali ini tentu saja beneran belanja ke supermarket dekat rumah Safirah—yang lambangnya mirip Singa itu lho.

Saat sibuk berbelanja di supermarket, tiba-tiba mata kita tertumpuk pada pasta dan memutuskan untuk membuat macaroni cheese dengan resep dari mbah google. Resep dari mbah google itu Nectar yang browsing, jadi alamat pastinya saya kurang tau. Yang jelas, saya masih cukup mengingat dengan baik bahan-bahan dan cara membuat macaroni cheese ala google itu. Saking ingat dan excitednya, saya mencoba membuatnya sendiri di rumah pada Sabtu sorenya dan berhasil. Berikut  bahan dan cara buat macaroni cheese versi kami ya :
Bahan-bahan :
  • 250 gr macaroni
  • 50 gr keju parut
  • 250 ml susu segar
  • ½ bawang Bombay
  • 2 potong sosis
  • 1 sachet kornet
  • 2 sdm minyak goreng
  • 2 sdm mentega


Cara membuat :
  • 1.       Rebus macaroni di dalam air yang mendidih dan masukkan 2 sdm minyak goreng hingga macaroni matang (10-15 menit)
  • 2.       Sambil menunggu macaroni yang sedang direbus, kita dapat menyiapkan hal lain. Seperti potong sosis dan bawang Bombay sesuai selera.
  • 3.       Setelah macaroni sudah siap, angkat dan tiriskan.
  • 4.       Panaskan mentega dan bawang Bombay. Setelah bawang kecoklatan, masukan susu, keju, sosis dan kornet perlahan lahan sambil terus diaduk.
  • 5.       Tuangkan macaroni yang sudah direbus ke dalam campuran sebelumnya.
  • 6.       Aduk hingga macaroni menyatu dengan bumbu tersebut.
  • 7.       Setelah dirasa cukup, matikan kompor dan macaroni cheese dapat disajikan di atas piring.

Mcaroni Cheese made by us (Fitria, Safirah and Nectar)



Nah mudah bukan cara membuat ? karena kalau tidak mudah, mana mungkin saya langsung excited untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah bersama adik saya. Oiya, resep macaroni cheese di atas bisa disajikan untuk 3-5 piring medium lho.

Faktor perut yang sudah berdemo, maka untuk macaroni cheese buatan saya sendiri bersama adik nggak ada fotonya. Sekali lagi saking excited ingin mengetahui rasa makanan buatan sendiri. Hehe. Jadi males untuk foto-foto gitu. Kalau kamu mau coba buat, tips tambahannya boleh ditambahkan lada atau garam dan langsung tuangkan macaroni ke adonan bumbu, jangan menunggu terlalu lama karena akan menjadikan lengket.

Selamat mencoba !


Ps : Ohiya, kalau ada yang nanya kita jadi buat surabi atau nggak ? Jawabannya jadi tapi setengah berhasil gitu. Story dan recipe nya akan dishare pada postingan lain ya


0 comments:

© My Words My World 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis