August 2, 2015

Mashed Potato with Carrot


Beberapa tahun lalu, ada dokter muda dan cantik yang bertanya pada saya. Namanya dr.Bella dan saya masih ingat dengan pertanyaannya. “Kenapa nggak suka makan? Makan itu enak lho. Saya suka banget makan. Makanan kesukaan kamu apa?”

“Kentang,” jawab saya.

“Kalau gitu coba bikin mashed potato deh.”

Saya hanya tersenyum mengangguk. Simbol kesopanan. Saat itu, yang saya tahu mashed potato adalah kentang yang direbus dan selagi panas ditumbuk hingga hancur. Kemudian dimakan. Tetapi, ternyata nggak sesimple itu ya. Kita perlu menambahkan ingredients lainnya.

Nah, beberapa hari lalu saat melihat kentang yang berukuran imut tapi nggak imut-imut banget alias small-medium, saya ingat perkataan dr. Bella. Kebetulan lagi, feel excited masak sednag bergelora. Maka, bereksperimenlah saya. Berikut bahan dan cara membuatnya ya.

Bahan bahan :
·         Kentang small-medium (5 buah)
·         Mentega (2 sdm)
·         Keju parut
·         Susu cair panas (30 ml)
·         Wortel
·         Lada
·         Garam
Cara membuat :
·         Rebus kentang di air yang mendidih hingga matang. Tapi jangan sampai overcooked dan lembek, karena nanti kandungan airnya akan semakin banyak.
·         Setelah dirasa cukup, angkat kentang dan tiriskan.
·         Selagi masih panas, hancurkan kentang dengan cara ditumbuk
·         Sambil menghancurkan kentang, masukkan susu cair panas perlahan-lahan, mentega, keju parut, wortel rebus (yang sudah dipotong kecil-kecil), lada dan garam.
·         Tumbuk hingga hancur dan lembut menyerupai bubur bayi
·         Sajikan selagi panas


Mashed Potato made by me
Makanan ini memang cocok bagi mereka yang sedang melangsungkan program diet, tapi juga pas untuk sekedar mengganjal perut di saat lapar tapi belum mau makan berat. Atau bisa juga buat balita dengan menambahkan campuran sayuran dan rasa yang lebih kuat.

Selamat mencoba


Tips : Agar cepat matang, rebus kentang dengan membelahnya terlebih dahulu. Bukan secara utuh

2 comments:

Ridho said...

Haseeek, blog nya mulai terisi dengan resep makanan :p

Fitria Wardani said...

haha iya nih kak. lama lama jadi buku resep hehe

© My Words My World 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis