August 4, 2015

Super Thinny Surabi



Masih ingat cerita masak-masakan saya bersama 2 teman, yaitu Safirah dan Nectar ? Pada first cooking class itu, kami tidak hanya membuat macaroni cheese, tetapi juga membuat kudapan bernama surabi. Iya, makanan asal Bandung yang pas masih anget dikasih buat ‘Yayang’ itu lho (if you remind one of scene from ‘Petualangan Sherina’). Nah, seperti yang pernah saya janjikan sebelumnya untuk share resepnya di postingan lain. Maka saat ini waktunya.

Bahan – bahan :
·         Tepung beras (200 gr)
·         Tepung kanji (2 sdm)
·         Ragi (1 sdt)
·         Air hangat (4 sdm)
·         Gula pasir (1 sdm)
·         Santan (400 ml)
·         Garam
·         Mentega (2 sdm)

Cara membuat :
·         Larutkan ragi dengan air hangat. Aduk dan diamkan selama 15 menit hingga berbuih.
·         Campur larutan ragi bersama tepung beras, tepung kanji, gula dan garam. Aduk hinga semuanya tercampur merata
·    Masukkan santan ke dalam adonan tersebut. Aduk hingga semua bahan menyatu. Jangan sampai ada bongkahan yang belum hancur.
·         Setelah tercampur, tuang adonan tersebut dengan sendok sayur ke wajan khusus yang sudah dipanaskan dengan mentega. (Bisa juga menggunakan minyak goreng)
·         Masak hingga pinggirannya matang dan permukaannya bening, kemudian angkat

Bagaimana menurut readers? caranya terlihat mudah bukan ? Maka dari itu, kami memlih resep ini sebagai bahan untuk main masak-masakan. Tetapi, pada kenyataannya kami setengah gagal membuat surabi ini. Surabi ini kurang tebal dibandingkan dengan surabi normalnya. Makanya, saya menyebutnya sebagai super thinny surabi

Super Thinny Surabi
Photo from instagram @nectarps

Dugaan kami adalah kesalahan terjadi karena kami tidak menggunakan wajan khusus yang bentuknya bulat. Kami menggunakna wajan yang cukup atau bahkan sangat besar. Sehingga 1 wajan itu dapat memuat 3 potong surabi dengan bentuk yang…ala kami. Kadang segitiga, kadang bulat, kadang bunga-bunga. Jadi tips untuk readers yang ingin membuat surabi sebaiknya pastikan terlebih dahulu sudah ada wajan khusus di dapurnya. Hehe

Kalau soal rasa ? Rasanya menyerupai winko babat…iya kue kelapa itu lho haha

Yaah, mohon dimaklumilah. Untuk toppingnya, kami menggunakan sirup marjan rasa melon, susu kental manis rasa coklat dan mayonnaise thousand island. Mungkin readers dapat berkreasi dengan topping karya kalian.


Selamat mencoba…

0 comments:

© My Words My World 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis