October 10, 2014

Usaha Keras..


Usaha keras tak akan mengkhianatimu

Saya sering menemukan kalimat itu dari status seorang teman yang biasanya ia tuliskan karena mendapat nilai ujian yang memuaskan. Atau karena berhasil lolos interview di perusahaan impian. Saya tidak tahu persis darimana quotes itu berasal. Awalnya saya kira itu potongan lirik Grup Idol yang keroyokan itu lho tapi entahlah. Bukan asalnya yang ingin saya bagi di sini, melainkan maknanya.

Saat pertama kali bertemu dengan quotes itu, sesungguhnya saya memaknai kalau quotes itu indah dan bermakna besar dan banyak. Tapi kemudian saya mengutuki sendiri makna dari quotes itu. Benarkah usaha keras tak akan mengkhianatimu ? Benarkah usaha keras akan selalu mengantarkanmu pada pelaminan bernama kebahagiaan dan hasil yang kamu inginkan ?

Kalau  bagi saya tidak. Mungkin ini sedikit curhatan. Pernah suatu kali saya ingin serius dan fokus. Berusaha dengan keras untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam suatu ujian atau presentasi hingga mengorbankan segalanya (re : waktu istirahat). Lalu kemudian secara mendadak Sang Dosen tidak dapat masuk kelas yang secara otomatis ujian ataupun presentasimu ditunda.

Dimana quotes “Usaha keras yang katanya tidak akan mengkhianatimu” bersembunyi ?

Kadang saya hanya bisa tertawa kecil mengingat quotes itu dan honestly belum lama ini saya alami. Iya iya mungkin ini curhatan tapi kemudian saya mash menggali apa pesan tersirat yang bermakna positif dalam kejadian ini. Saya hanya ingin berprasangka baik kepada Tuhan, sang Sutradara utama di kehidupan.

Lalu jawaban saya adalah semua itu adalah ujian kecil dari Tuhan. Ujian sejauh mana kamu ingin serius untuk focus dan usaha terus. Ujian seteguh apa usahamu, sekuat apa kesabaranmu dan sejauh mana kamu mampu konsisten mempertahankan segala kesabaran dan usahamu itu. Kalau hanya pada sebuah kerikil ini kamu langsung kecewa, maka pantaskah Tuhan membalas semua usaha mu yang belum konsisten itu dengan balasan yang setimpal ?

Jawabannya ada di kamu, readers. Karena toh tidak semua orang akan setuju dengan quotes itu. Meminjam contoh dari teman saya yang mengibaratkan sudah berusaha keras dalam tes CPNS tapi tidak lolos sementara ada orang lain yang dengan cara curangnya berhasil diterima.

Kalau seudah begitu lagi, mungkin sekali lagi saya meminjam quotes teman saya kalau usaha keras hanya membuatmu lega, tapi hasilnya bisa disabotase oleh orang lain yang curang.


Terima kasih sudah membaca


0 comments:

© My Words My World 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis