September 8, 2014

Cerita KKN - Opening Story







“Dan ternyata KKN ini nggak seburuk yang kalian duga kan ?”

Saya mengangguk dan menjawab ‘iya’ atas pertanyaan yang diajukan Dosen Pembimbing kami. Entah yang lainnya bagaimana. Yang sama-sama mengutuk mengapa harus ada KKN. Tetapi saya percaya semuanya menjawab ‘ya’ meski hanya di dalam hati. 

KKN ini bukan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme yang digembor-gemborkan di masa orde baru itu. Ini Kuliah Kerja Nyata yang merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi, yaitu Pengabdian. Saya, khususnya anak FE merasa KKN itu kurang relevan dengan jurusan yang saya tekuni. Terus mengutuki mengapa fakultas tidak mengambil tindakan untuk tak perlu ikut serta KKN. Terus berjibaku menyemangati diri sendiri untuk mngerjakan setiap tugas yang berkaitan dengan KKN. Terus bersabar untuk tinggal dan menjalani 30 hari di tempat baru yang lingkungannya baru bersama 14 orang lain yang belum pernah saya kenal dengan baik dan gamblang.

Tapi itu semua sudah lewat. Saya sedang menulis postingan ini saat saya baru kembali kurang dari 24 jam dari tempat baru itu. Dan di tengah terik matahari, masih ada nyata semua bayangan rutinitas kami di matahari yang begitu cerah. Masih nyata pula bagaimana udara dan sinar matahari di sana. Semuanya begitu besahabat termasuk masyarakatnya. Meski tidak semua.

Saya tidak tahu harus memulai dari bagian mana tetapi dari keluh kesah menerima program KKN adalah sebuah awal cerita ini. Selanjutnya ada banyak kepingan pelajaran yang saya kumpulkan dari perjalanan 30 hari kemarin. Soal usia yang tak menjadi halangan, kesabaran, semangat dan kemandirian. Ada cerita terbentuknya geng ayam, keluh kesah anak perempuan yang kesulitan air, hari pertama yang disambut dengan mati lampu di kala magrib dan hujan turun, rumah tinggal yang belakangnya terdapt kuburan, serangga yang sampai membuat kaki Shinta terkilir, Disya yang suka nyakar-nyakar sampah dan, Rida yang kalau BT hobinya nyikat kamar mandi, Dessy yang kalau shopping kebutuhan sehari-hari nyaris sampai 3 jam, Bobby yang kalau bakar sampah selalu dengerin All of Me nya John Legend, Dadan yang hobbi nonton tv di rumah cewek, dll. Nanti akan saya posting di kesempatan yang berbeda.



Selamat Membaca
Sabtu, 6 September 2014

KKN 13 (MPR 2014 /Mahasiswa Pengabdi Rakyat)

0 comments:

© My Words My World 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis