October 21, 2011

Naif

Pada salah satu mata kuliah, ada presentasi dari teman gue tentang bisnis . salah satu slidenya tertulis kata ‘naif’ .

Kata itu seperti merasuk dalam hati dan pikiran gue yang akhirnya membuat gue bertanya pada teman sebelah gue. Memang, ini bukan kali pertama gue mendengar kata tersebut, tetapi saat gue tanya dalam diri gue, nampaknya gue belum tahu secara nyata, benar dan jelas apa arti dari kata tersebut.

Teman di sebelah gue, Bonita bilang sepert ini :

“Naif itu bodoh sama polos jadi satu”

Sebenarnya dahi gue agak berkerut. Masih bingung. Masih bertanya dalam hati “

“bodoh sama polos jadi satu itu sengaja atau pura-pura?”

Karena gue masih penasaran dan katanya internet itu adalah sampah dan manfaat jadi satu, maka gue memasukkan kata ‘naif’ dalam ‘to do list’ gue untuk dicari di internet.

Mbah google yang sudah tua dan banyak pikiran tetap saja menjadi tempat bertanya gue, berdasarkan penelusuran yang gue dapat dari wikipedia dulu adalah sebagai berikut :

Naif dapat mengacu kepada beberapa hal berikut:

  • Sifat polos, lugu, atau kekanak-kanakan
  • Naif (grup musik), sebuah grup musik di Indonesia.
  • Naif, Dubai, sebuah daerah di Dubai, Uni Emirat Arab

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Naif

Well, point ke-2 dan ke-3 emang nggak seperti yang gue maksud tapi at least menambah info buat gue.

Lalu gue mencari lagi dan menemukan sebagai berikut :

1 sangat bersahaja; tidak banyak tingkah; lugu (krn muda dan kurang pengalaman); sederhana: gambar-gambar -- penuh menghiasi dinding kamarnya;

2 celaka; bodoh; tidak masuk akal: -- nya, kerugian sebanyak itu hanya diganti sepertiga;
ke·na·if·an n perihal naif; keadaan naif: masyarakat Betawi banyak yg kecewa krn sinetron Betawi hanya mengeksploitasi keluguan dan ~ orang Betawi

Sumber : http://www.artikata.com/arti-121874-naif.html

Lagi-lagi point ke-2 nya justru membuat gue bingnung, apa juga kaitannya?

Yasudahlah…

Pencarian masih berlanjut, kali ini dari KBRI yang gue peroleh dari slah satu blog orang, begini bunyinya :

KBBI Edisi Ketiga yang selama ini menjadi teman setiaku sekaligus guruku yang paling sabar untuk kuajak memahami makna kata. Terbukalah halaman 771. Naif ternyata memiliki dua arti. a 1) sangat bersahaja; tidak banyak tingkah; lugu (karena muda dan kurang pengalaman); sederhana. 2) celaka; bodoh; tidak masuk akal.

Sumber : http://wiwikbudiwasito.blogspot.com/2008/05/naif.html

Perlahan semua mengacu kepada sifat polos dan lugu dan perlahan pengertian naïf sudah mulai terang dalam pikiran gue.

Last, gue bertanya , dan yahoo menjawab :

Naif adalah sifat seseorang yang menyembunyikan perasaan dia yang sebenarnya di dalam kebohongan.

Sumber : Yahoo Answer

Kalau tidak salah, itu jawaban terbaik dalam Yahoo answer.

Hemm kok gue berasa ditusuk ya sama kata-kata itu.

Tetapi intinya, tujuan gue mencari kata naïf adalah mengetahui makna kata tersebut dan mengukur diri sendiri apakah gue masuk dalam kategori tersebut.

2 comments:

Anonymous said...

trus setelah udah tau arti dari kata tersebut menurut kamu kamu termasuk orang yang naif atau ga ?

Chandra R. said...

si fitria itu lebih condong kayak begini loh
"mengapaaaa aku begini, jangan kau mempertanyakan... bila ku mati, kau juga mati walau tak ada cinta sehidup semati..." hahaha :D

© My Words My World 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis